Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp

Banyaknya aplikasi chatting yang ada pada smartphone membuat orang semakin lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga dan rekan kerja. Aplikasi chatting sendiri memiliki banyak fungsi salah satunya yaitu sebagai alat komunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Tidak hanya itu, ternyata aplikasi chatting juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai sarana untuk tukar informasi. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi chatting yang ada pada smartphone. Hampir dari semua aplikasi chatting memiliki akses gratis download atau unduhan. Sehingga penggunanya tidak lagi mengeluarkan biaya untuk mengunduh sebuah aplikasi chatting. Klo setau saya sih, semua aplikasi chatting gratis.

Aplikasi chatting sendiri, bisa di download di market aplikasi. Setiap smartphone juga memiliki sistem operasi atau OS sendiri, sehingga dengan mudah setiap pengguna dari smartphone bisa menggunakan aplikasi chatting dengan mengunduhnya di berbagai market aplikasi. Seperti layaknya smartphone yang memiliki sistem operasi Android, pengguna dapat mendownload aplikasi chatting ataupun beragam aplikasi lainnya di Google Play Store. Dan smartphone yang memiliki sistem operasi iOS, penggunanya dapat mengunduh aplikasi chatting atau beragam aplikasinya di App Store. Sebenarnya masih banyak sekali market untuk aplikasi berbasis Android / APK, untuk market aplikasi Android, pengguna bisa mencarinya di Google atau mendownload versi APK nya di mesin pencari Google. Untuk mendownload sebuah aplikasi tersebut dibutuhkan konektivitas internet, yaitu untuk mendownload aplikasi tersebut. Agar memperlancar dan mempercepat dalam proses mendownload, biasanya dibutuhkan konektivitas internet yang cepat dan stabil. Sehingga bisa mendownload aplikasi atau pun games dengan lancar. Bicara soal internet, untuk pengguna yang masih baru dan ingin menghemat keuangan, bisa menggunakan jaringan internet via wifi. Biasanya jaringan wifi ini berada pada tempat umum, kantor, tempat belanja, dan tempat-tempat lainnya. Jika tidak menemukan konektivitas jaringan wifi bisa menggunakan data seluler. Mengakses internet melalui data seluler ini bisa dengan mudah dilakukan dimana-mana , hanya setiap penggunanya membeli sebuah paket data internet dengan pulsa, dan paket internet tersebut tergantung pada jumlah kuota yang diberikan.

cara hemat kuota menggunakan whatsapp

Bicara soal aplikasi chatting, sebenarnya banyak sekali aplikasi chatting yang dapat dinikmati oleh semua orang. Tetapi yang jadi masalah adalah pengguna dari aplikasi chatting tersebut. Setiap pengguna dari aplikasi chatting tersebut hampir semua penggunanya memilih aplikasi chatting yang ramai pada saat digunakan. Tujuannya adalah agar bisa mudah berkomunikasi dengan pengguna lainnya, tanpa harus mendownload aplikasi yang berbeda. Sebagai contoh, Jika teman anda menggunakan aplikasi chatting A, maka anda harus mendownload aplikasi chatting A tersebut dan melakukan registrasi akun dengan aplikasi chatting A tersebut, sehingga penggunanya bisa saling terhubung dengan mudah. Jika teman anda menggunakan aplikasi chatting B, dan anda menggunakan aplikasi chatting A. Maka tidak akan bisa terhubung, karena beda aplikasi chatting tersebut. Solusinya adalah dengan mendownload aplikasi chatting yang sama dengan teman anda, yaitu aplikasi chatting B, agar bisa saling terhubung dan berkomunikasi. Untuk itu, sangatlah penting memilih aplikasi chatting, agar bisa saling terhubung dengan teman anda dengan mudah. Biasanya semua pengguna menggunakan aplikasi chatting yang sangat popuer, sehingga tidak mendownload banyak aplikasi chatting tersebut.

Aplikasi chatting yang ada di sistem operasi Android dan iOS sangatlah banyak. Jika di Android sendiri ada aplikasi Chatting Whatsapp, BBM, Line, Kakao Talk, Telegram, dan lain sebagainya. Pengguna bisa mendownload aplikasi chatting tersebut di market aplikasi (Google Play Store). Kalo saran saya, mendingan mendownload aplikasi yang sering digunakan teman anda sehari-hari. Sehingga bisa menghemat penyimpanan memori pada smartphone anda. Jika anda terlalu banyak menginstal aplikasi pada smartphone anda. Maka dapat dipastikan smartphone anda lemot. Oleh karena itu, silahkan mendownload aplikasi chatting yang sangat populer. Untuk aplikasi chatting yang populer saat ini adalah aplikasi chatting Whatsapp. Nah, aplikasi chatting ini sendiri sudah sangat terkenal sejak dulu. Karena aplikasi Whatsapp ini sangatlah enteng dan tidak memakan kinerja pada smartphone anda, sehingga jangan heran jika aplikasi chatting Whatsapp ini disukai banyak orang hingga populer pada saat ini. Sebelum aplikasi chatting Whatsapp ini populer, sebelumnya sudah ada aplikasi yang sangat populer. Yaitu BBM (Blackberry Messenger) yaitu sebuah aplikasi chatting yang dapat dinikmati pada sistem operasi / OS Blackberry, namun setelah muncul sistem operasi Android. Kini, aplikasi chatting BBM dapat dinikmati oleh pengguna sistem operasi Android, dan bahkan sudah bisa dinikmati pada smartphone yang memiliki sistem operasi iOS.

Cara Agar Tidak Boros Kuota Menggunakan Whatsapp

Nah, bicara soal aplikasi chatting. Sekarang yang paling sering digunakan oleh banyak orang dan yang sangat populer adalah Whatsapp. Aplikasi chatting yang satu ini memiliki banyak fitur yang dapat dinikmati oleh setiap penggunanya, sehingga penggunanya tidak akan bosan dengan aplikasi chatting ini. Selain itu, size atau ukuran dari aplikasi chatting Whatsapp ini sendri sangatlah kecil, sehingga sangatlah enteng saat menggunakan aplikasi chatting ini meskipun spesifikasi smartphone anda yang masih tergolong rendah. Ada yang bilang aplikasi chatting Whatsapp ini memakan banyak kuota internet. Itu semua tergantung pada penggunanya, jika pengguna dari aplikasi chatting Whatsapp ini memiliki banyak grup chatting. Dan semua grup tersebut aktif dengan mengirimi gambar dan video dengan banyak. Mungkin kuota internet anda atau pengguna akan terasa boros. Namun, itu semua tergantung settingan pada aplikasi chatting Whatsapp tersebut. Bagaimana sih supaya bisa menghemat kuota internet pada saat menggunakan aplikasi chatting Whatsapp tersebut?? sebenarnya aplikasi chatting Whatssapp tidak terlalu memakan kuota internet yang banyak. Tetapi, jika anda atau pengguna merasakan boros kuota internet, untuk itu maka akan saya sajikan artikel ini yaitu Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp. Nah, untuk caranya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi chatting Whatsapp di smartphone anda. Setelah itu silahkan klik di pojok kanan atas yang diberi tombol menu titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  2. Setelah mengeklik menu pojok kanan atas (titik tiga) maka, silahkan klik menu setelan atau setting. Setelah berada pada menu setting, silahkan klik data usage atau penggunaan data dan penyimpanan.
  3. Setelah anda atau pengguna memasuki bagian penggunaan data dan penyimpanan. Silahkan anda setting pada bagian Unduh Otomatis Media (Media Auto-Download), setelah itu silahkan anda setting pada bagian Saat Menggunakan Data Seluler (When using mobile data). Anda bisa setting di menu ini sesuai dengan keinginan anda, jika anda ingin menghemat kuota saat menggunakan aplikasi Whatsapp. Anda bisa Uncheck semua atau menghapus semua tanda centang pada menu tersebut. Tujuan dari menghapus semua tanda centang tersebut adalah supaya foto, audio, video, dan dokumen/file yang dikirim oleh pengguna aplikasi Whatsapp tidak akan terunduh secara otomatis. Sehingga bisa dipastikan kuota data seluler anda akan terasa lebih irit dan hemat. Dan dengan menggunakan pilihan menu tersebut, pengguna bisa mendownload file seperti foto, audio, video, dan dokumen/file dengan cara manual.
  4. Dan pada bagian menu selanjutnya ada menu saat terhubung ke Wi-Fi (When connected on WiFi) . Pengguna bisa bebas untuk mencentang semua pilihan opsinya atau menghilangkan opsi centang tersebut. Tujuan dari menu ini adalah jika pengguna terhubung ke Wi-Fi bisa mengunduh semua berkas yang dicentang tersebut secara otomatis. Untuk pilihan ini, tergantung selera pengguna masing-masing.
  5. Dan di pilihan saat roaming (When roaming), anda atau pengguna bisa menghilangkan semua tanda centang tersebut.
  6. Langkah yang terakhir, pengguna bisa berikan tanda centang pada penggunaan data minimum (Low Data Usage). Dengan menggunakan opsi ini, ketika pengguna melakukan panggilan suara atau panggilan video, maka dengan fitur ini bisa menekan data, dengan begitu akan menghemat kuota.
  7. Selesai

Setelah pengguna mengikuti cara diatas, maka silahkan rasakan perbedaannya. Dapat dipastikan bahwa penggunaan data seluler akan terasa lebih irit dan hemat. Sehingga pengguna bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kuota internet data seluler. Nah, itulah Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp. Semoga bermanfaat.