Cara Menggunakan Root Explorer Untuk Hapus Aplikasi Bawaan

Posted on

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Menggunakan Root Explorer – Apakah aplikasi bawaan yang terpasang di hp android bisa dihapus? Sebagai pengguna hp android mungkin anda akan berfikir untuk menghapus beragam aplikasi bawaan yang sebetulnya tidak pernah sama sekali digunakan dari semenjak hp android anda dipakai. Selain itu aplikasi bawaan yang tidak terpakai juga cukup menguras ruang RAM sehingga akan lebih baik jika dihapus saja. Tapi ternyata aplikasi bawaan tidak bisa dihapus begitu saja seperti aplikasi lain yang terpasang di android, apakah anda juga mengalaminya?

Sistem di hp android memang memberikan keleluasaan bagi setiap penggunanya untuk menambahkan atau mengurangi aplikasi di hp android yang digunakan atau dengan kata lain proses install dan uninstall apk dapat dengan bebas dilakukan oleh android user. Hanya saja untuk urusan uninstall aplikasi bawaan yang ada di hp android anda tidak akan bisa dilakukan begitu saja sebab developer sistem operasi ini tidak memberikan izin pada user dalam penghapusan aplikasi bawaan.

cara menghapus aplikasi bawaan

Tidak adanya izin penghapusan aplikasi bawaan oleh pihak pengembang mungkin saja didasari oleh berbagai hal seperti akan berdampak pada aplikasi penting lain misalnya galeri hilang, kamera tidak berfungsi baik, pesan jadi error, telepon kontak hilang dan lain sebagainya.Dengan begitu pihak pengembang menerapkan perintah dalam bentuk program code sebagai proteksi aplikasi bawaan di hp android sehingga tidak bisa dihapus oleh usernya terkecuali dengan melakukan root pada android.

Proses rooting android bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi para pengguna hp android dalam mengubah, menambah, mengakses bahkan menghapus setiap aplikasi yang ada di ponsel atau dengan kata lain anda punya akses tanpa terkecuali dalam penggunaan android. Dengan begitu, menghapus aplikasi bawaan android sekalipun dapat anda lakukan dengan rooting.

Sedikit menyinggung tentang root, jadi root ini merupakan system account yang mempunyai hak kuasa dalam akses dan eksekusi beragam data, perintah, sistem pada sistem operasi yang tidak hanya berupa android, tetapi juga OS lain yang berbasis linux. Tidak ada batasan dalam keleluasaan akses pada root sehingga hp androd yang di root dapat diotak-atik sesuka penggunanya.

Adapun penerapan root di hp android secara umum memiliki beberapa fungsi dalam kegunaannya seperti:

  • Unlimited access pada android system
  • Intallation Apps yang menyaratkan root android
  • Penghapusan aplikasi bawaan android
  • Backup sistem aplikasi
  • Pemasangan custom ROM
  • Unlimited access ke file sistem android
  • Overlock processor
  • Penggantian custom rom

Selanjutnya untuk dapat menghapus aplikasi bawaan di hp android anda bisa mencoba beberapa terapan dari tutorial singkat berikut ini.

Cara Menggunakan Root Explorer Untuk Hapus Aplikasi Bawaan

Proses rooting pada hp android bisa dilakukan dengan cara root yang beragam. Hal tersebut disebabkan oleh pengusung android dari brand atau mereknya juga bergantung pada veri operating system yang diadopsi. Agar lebih memahami bagaiaman cara melakukan root dengan benar, anda bisa menyimak tutorialnya yang sudah tersebar di Google.

Sementara itu, tutorial yang akan kita coba untuk menghapus aplikasi bawaan android di bawah ini, dilakukan setelah android berhasil di root. Jika belum di root, pastikan android anda sudah di root sebelum menerapkan trik ini di android anda.

  1. Langkah awal, silahkan anda download Root Explorer apk. Bisa melalui google play atau non playstore tergantung keinginan anda. Jika ingin lebih simple langsung saja unduh via Google Play supaya tidak setting security installation terlebih dulu.
  2. Install apk sampai selesai lalu jalankan.
  3. Silahkan masuk ke menu Root >> System >> App. Kemudian seleksi apk bawaan yang ingin anda hapus dan hilangkan dari sistem android. Setelah itu, tab icon tong sampah untuk melakukan perintah penghapusan apk tersebut.
  4. Sekarang apk bawaan sudah hilang dari sistem android.

Sekali lagi diingitakan bahwa tutorial ini hanya dapat dilakukan dari perangkat android yang telah di root sebelumnya. Mungkin cukup sekian ulasan yang bisa kami sampaikan untuk kesempatan kali ini mengenai cara menghapus aplikasi bawaan. Terima kasih dan selamat mencoba.