Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank

Posted on

Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa ke Bank-Banyak nasabah BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang ingin tahu bagaimana cara daftar internet banking BRI. Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, internet memang sudah menjadi hal yang digunakan untuk hal apapun, termasuk dalam melakukan transaksi perbankan. BRI dan bank-bank lain di Indonesia sudah beberapa tahun ini mengembangkan program internet banking atau e-banking di mana nasabah bisa bertransaksi menggunakan internet.

Meski menarik, beberapa nasabah BRI enggan mendaftar internet banking karena mereka malas jika harus pergi ke bank dan antre lama untuk bertemu CS (customer service) dan mendaftar program internet banking. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dipikirkan karena mendaftarkan diri ke program internet banking BRI dapat dilakukan tanpa harus pergi ke bank sama sekali. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

cara daftar internet banking bri

Mengenal Semua Tentang Internet Banking BRI, Termasuk Cara Daftar Internet Banking BRI

Sebelum menjawab pertanyaan tentang cara daftar internet banking BRI tanpa harus pergi ke bank, ada baiknya semua hal tentang internet banking BRI dibahas terlebih dahulu di sini. Dengan mengetahui dengan pasti apa itu layanan internet banking BRI, keuntungannya, dan juga syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar layanan ini, nasabah akan lebih paham tentang program ini dan tidak akan menyesal mendaftar internet banking BRI. Berikut informasinya.

Apa Itu Layanan Internet Banking BRI?

Bagi yang belum familiar, internet banking BRI merupakan layanan dari bank BRI di mana nasabah BRI dapat melakukan semua transaksi perbankan tanpa harus pergi ke bank atau ke mesin ATM. Semua transaksi (kecuali tarik tunai) bisa dilakukan dengan perangkat komputer, laptop, atau gadget selama semua terkoneksi dengan jaringan internet. Layanan internet banking BRI dijalankan melalui website milik bank.

Syarat untuk Mendaftarkan Internet Banking BRI

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendaftarkan diri ke program internet banking bank BRI. Jika tidak memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh pihak bank, maka nasabah tidak bisa didaftarkan ke layanan internet banking ini. Beberapa syaratnya adalah:

  • Nasabah BRI. Untuk syarat utama mendaftar internet banking BRI tentu saja adalah menjadi nasabah BRI terlebih dahulu. Jika tak memiliki rekening / tabungan di BRI, maka Anda haruslah membuka rekening BRI terlebih dahulu.
  • Memiliki ATM BRI. Salah satu cara termudah untuk mendaftar layanan internet banking BRI adalah dengan memiliki kartu ATM BRI. Hampir semua nasabah diberi kartu ini saat membuka tabungan di bank.
  • Memiliki Nomor Handphone yang Aktif. Untuk mempermudah proses registrasi, pastikan Anda memiliki nomor handphone yang aktif dan bisa dihubungi sewaktu-waktu.
  • Memiliki Alamat Email yang Aktif. Sama seperti nomor HP, alamat email yang aktif wajib dipersiapkan. Proses aktivasi dari akun internet banking nasabah akan dilakukan dengan mengirimkan link verifikasi melalui email. Jadi, email haruslah aktif dan bisa dibuka.

Cara Daftar Internet Banking BRI Melalui ATM

Salah satu cara termudah untuk mendaftar ke program internet banking BRI tanpa harus repot pergi ke bank dan bertemu CS adalah dengan menggunakan kartu ATM. Inilah mengapa kartu ATM BRI harus dimiliki semua nasabah. Kartu plastik ini ternyata bisa digunakan untuk mendaftar internet banking dan caranya pun cukup mudah seperti dijabarkan di bawah ini:

  • Temukan ATM BRI. Masukkan kartu ke dalam slot yang ada di mesin ATM. Masukkan PIN (Personal Identification Number).
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu “Lainnya”.
  • Akan muncul daftar menu, cari pilihan “Lainnya” lagi dan pilih opsi tersebut.
  • Pada langah ini, akan muncul beberapa pilihan, termasuk “Registrasi. Pilih opsi tersebut.
  • Pilih menu “Internet Banking”.
  • Setelah menu tersebut dipilih, nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN. Masukkan PIN.
  • Setelah PIN dimasukkan, akan ada konfirmasi PIN. Masukkan PIN untuk kedua kalinya.
  • Jika registrasi sukses, maka di layar mesin ATM akan muncul tulisan “Registrasi Internet Banking berhasil dilakukan” yang diikuti oleh User ID nasabah.
  • Dari slot struk, akan keluar struk bukti pendaftaran yang berisi user ID nasabah dan tanggal registrasi ke ATM.
  • Sekarang, nasabah tinggal mengaktifkan Internet Banking BRI.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Meski sudah mendaftar lewat mesin ATM BRI, internet banking BRI tetap tidak bisa digunakan untuk apa-apa tanpa terlebih dahulu didaftarkan. Bagaimana cara mengaktifkan internet banking BRI? Apakah harus dengan datang ke bank? Tentu saja tidak, pengaktifan dapat dilakukan dengan mudah dari rumah atau dari manapun. Berikut ini cara-caranya:

  • Buka alamat / website Internet Banking BRI (ib.bri.co.id.).
  • Pada halaman utama (home) ada tulisan login (biasanya di pojok kanan atas). Klik tulisan tersebut.
  • Nasabah akan diarahkan ke halaman syarat dan ketentuan. Baca semua yang tertulis di situ dan temukan tombol “setuju” di bagian bawah. Klik tombol tersebut.
  • Akan muncul pilihan yang menyuruh nasabah untuk mengatur ulang password. Ganti PIN/ password yang digunakan pada saat registrasi di ATM dengan password yang lebih kuat (kombinasi huruf, angka, dan karakter).
  • Masukkan alamat email di kolom yang tersedia.
  • Buka email dan lakukan verifikasi dari email yang dikirim dari bank BRI.
  • Setelah verifikasi, proses aktivasi selesai. Pada halaman website Internet Banking BRI, akan ada tulisan selamat datang.

Kelebihan Menggunakan Internet Banking BRI

Untuk apa nasabah harus repot-repot mendaftar internet banking melalui ATM kemudian mengaktifkannya? Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui penggunaan internet banking BRI. Salah satunya adalah kepraktisan yang akan dirasakan oleh nasabah. Mereka tidak perlu pergi ke bank atau ATM untuk melakukan aneka transaksi perbankan non-tunai.

Apa saja? Beberapa contoh transaksi perbankan yang bisa dilakukan melalui internet banking antara lain adalah transfer uang non tunai, baik ke sesama rekening BRI atau ke lain bank. Selain itu, internet banking juga bisa digunakan untuk mengecek informasi saldo, mencari tahu mutasi rekening, dan mengetahui informasi kartu kredit (jika ada). Urusan pembayaran tagihan bulanan, isi ulang pulsa, pembayaran e-commerce dan top up e-money juga bisa dilakukan dengan layanan internet banking.

Sekarang semua hal yang perlu diketahui tentang layanan internet banking bank BRI sudah tersedia di atas. Jika memang cocok dengan layanan internet banking ini dan ada banyak kebutuhan yang bisa terpenuhi dengan internet banking, tidak ada salahnya daftar program ini. Tidak ada biaya yang akan dipungut oleh pihak bank jika nasabah ingin ikut program internet banking. Bahkan, cara daftar internet banking BRI juga sangat mudah, tak perlu repot pergi ke bank dan bertemu dengan CS.