Cara Backup WhatsApp Menggunakan Google Drive

Posted on

Siapa yang tidak mengenal dengan aplikasi Whatsapp?? Semua orang pasti tau dan kenal betul dengan aplikasi yang satu ini. Hampir di semua smartphone orang memiliki aplikasi yang satu ini. Memang aplikasi Whastapp ini adalah aplikasi chatting yang sangat terkenal, bahkan hampir diseluruh dunia orang memakai aplikasi Whastapp ini. Dulu sebelum Whatsapp populer, ada sebuah aplikasi yang sangat populer, yaitu aplikasi BBM atau yang biasa disebut Blackberry Messenger. Yaitu sebuah aplikasi yang dulu hanya ada di sistem operasi / OS Blackberry. Namun, semenjak muncul sistem operasi baru yaitu Android, kini Blackberry bisa dinikmati di OS Android, dan terus merambah/ sudah support juga di perangkat Iphone yang memiliki OS IOS. Setelah itu aplikasi BBM ini terus berkembang di 3 OS tersebut. Namun, pengguna Blackbbery banyak yang berpaling ke smartphone yang memiliki sistem operasi Android, karena harganya yang cukup murah.

Setelah selang beberapa waktu akhirnya, aplikasi Whatsapp kini sudah upgrade versi terbaru yang sudah support Stories atau cerita. Nah, pada saat itu pengguna aplikasi BBM ini lalu berpaling untuk mencoba aplikasi Whatsapp ini. Dan banyaknya pengguna yang nyaman dengan aplikasi ini dan sampai sekarang pun penggunanya terasa lebih nyaman, karena dari pihak aplikasi Whatsapp terus berinovasi untuk upgrade versi dan fitur terbaru.

cara backup whatsapp

Beberapa hal yang mereka sukai dengan aplikasi Whatsapp yang paling utama adalah banyaknya teman atau pengguna yang menggunakan aplikasi ini, sehingga mendongkrak popularitas dari aplikasi ini. Memang aplikasi Whatsapp kini kaya akan fitur yang membuat penggunannya tidak akan bosan. Jika pada aplikasi BBM menggunakan PIN BBM untuk mendapatkan kontak teman, beda halnya dengan aplikasi Whatsapp yang menggunakan nomer telepon untuk mendaftar dan mendapatkan teman obralan. Caranya juga sangat mudah, hanya saja pengguna hanya menyimpan nomer telepon yang hendak dijadikan kontak Whatsapp. Selanjutnya pengguna hanya melakukan test obralan dengan nomer telepon yang hendak dijadikan kontak. Dengan catatan kedua belah pihak menyimpan nomer yang didaftarkan pada aplikasi Whatsapp, sehingga dengan otomatis akan tersimpannya kontak Whatsapp.

Beberapa kendala yang sering dialami pengguna aplikasi Whatsapp ini diantaranya adalah kontak Whatsapp yang hilang. Akibatnya tidak terdapat kontak Whatsapp yang tersimpan, sehingga pengguna aplikasi Whatsapp tidak bisa melakukan chatting atau obralan dengan teman kontak Whatsapp tersebut. Memang ini kendala yang sering dialami para pengguna aplikasi Whatsapp ini. Tetapi banyak yang tidak tau untuk cara mengatasi aplikasi Whatsapp ini. Kejadian seperti ini biasanya dialami oleh user atau pengguna baru yang kurang berpengalaman dalam proses backup. Nah, beberapa kejadian ini juga disebabkan karena rata-rata pengguna aplikasi Whatsapp ini tidak melakukan backup sebelum mereka me rest smartphone mereka. Tetapi tidak hanya itu, para pengguna juga biasanya gonta-ganti smartphone tanpa membackup data pada aplikasi Whatsapp. Sehingga bisa dipastikan data pada aplikasi Whatsapp akan hilang, karena tidak dibackup terlebih dahulu. Jika memang anda paham melakukan backup atau sudah melakuakn backup data pada aplikasi Whatsapp ini, selanjutnya hal yang anda lakukan adalah dengan me-restore data hasil backup dari data Whatsapp tersebut.

Jika masih bingung untuk masalah backup data pada aplikasi Whatsapp. Maka di artikel ini, ada beberapa point yang akan saya bahas yaitu Cara Backup Whatsapp Dengan Google Drive, cara melihat backup Whatsapp di Google Drive, cara backup Whatsapp ke hp lain, cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama. Nah. Tanpa panjang lebar, mari silahkan disimak baik-baik.

Cara Backup Whatsapp Dengan Google Drive

Cara paling aman untuk membackup data Whatsapp adalah dengan menyimpannya di Google Drive. Cara ini menurut saya yang paling aman, karena data pada Google Drive ini sangatlah aman. Pengguna hanya saja memiliki akun gmail agara bisa menggunakan layanan ini. Hal pertama yang harus anda ingat adalah akses login pada akun layanan Google. Setelah itu pastikan juga kapasitas memori atau penyimpanan pada Google Drive anda benar-benar masih ada atau longgar untuk menyimpan hasil backupan data dari aplikasi Whatsapp ini. Untuk Cara Backup data Whatsapp dengan Google Drive, silahkan ikuti caranya dibawah ini.

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp, selanjutnya masuk ke menu “Settings atau pengaturan atau setelan”
  • Pilih menu “Chat” kemudian setelah itu silahkan klik “Chat Backup atau cadangan chat”
  • Kemudian pilih “Backup to Google Drive atau cadangkan ke Google Drive” selanjutnya pilih akun Google Drive anda. Dan dibawah menu akun juga ada menu “ Backup Via atau Cadangkan melalui” nah, pada menu ini silahkan pilih sesuai jaringan anda. Jika ingin membackup data Whatsapp melalui data seluler Wifi, silahkan atau jika memang kuota data seluler anda masih banyak, silahkan pilih via “Wi-Fi atau Seluler”  dan yang terakhir adalah dengan mengeklik tap tombol “Backup atau Cadangkan”. Tunggu sampai prosesnya selesai. Proses ini tergantung pada koneksi kecepatan internet anda.

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

  • Setelah anda berhasil membackup data Whatsapp, kini hal selanjutnya adalah dengan mengecek atau melihat hasil backup dari data Whatsapp tersebut. Perlu diingat, bahwa anda harus ingat dengan email dan password akun Google anda, sebab jika anda lupa dengan akses untuk menuju akun anda, maka anda tidak bisa login atau mengakses data dari Google Drive tersebut. Untuk cara melihat backup Whatsapp di Google Drive, sudah saya siapkan dibawah ini.
  • Buka browser pada smartphone anda atau pada pc juga bisa. Selanjutnya anda klik masuk ke website Google Drive ( https://drive.google.com ). Dan masuklah atau login ke akun Google anda, yang berisi hasil backup-an data Whatsapp tersebut. Jika sudah login, silahkan klik tombol menu di sudut kiri atas, selanjutnya klik “Desktop Version” agar bisa mengaksesnya versi desktop. Ini jika anda menggunakan atau mengaksesnya via smartphone.
  • Selanjutnya, anda klik pada ikon roda gigi di kanan atas atau bisa disebut tombol setelan atau pengaturan. Dan klik lagi kelola aplikasi.
  • Setelah itu, anda scrool kebawah dan cari “Whatsapp”. Menurut sumber berita, mungkin memerlukan beberap menit untuk dapat menampilkan “Whatsapp” agar bisa tampil di daftar akun Google Drive anda.
  • Setelah anda melihat atau menemukan “Whatsapp”, anda harus menunggu hingga “Data aplikasi tersembunyi” tampil. Bisa dibilang ini sama dengan langkah yang diatas atau sebelumnya yg diatas, mungkin butuh beberapa menit untuk bisa ditampilkan.
  • Selesai

Cara backup whatsapp ke hp lain

Sebenarnya untuk cara backup Whatsapp ke hp lain ini caranya tidak usah ribet dan panjang lebar, bisa menggunakan cara pertama yang diatas “Cara Backup Whatsapp Dengan Google Drive”. Setelah anda membackup data Whatsapp di Google drive dan mengecek data backup-an nya di Google Drive. Saatnya, kini restore hasil backup an dari Google Drive. Caranya mudah sekali. Pertama, anda harus login dulu pada aplikasi Whatsapp, setelah itu verifikasi kode yang masuk lewat sms tersebut dan masukkan kode verifikasi tersebut ke aplikasi Whatsapp. Setelah itu otomatis akan ada sebuah, pemberitahuan yang berupa hasil backup an tersebut, biasanya muncul kayak gini “Backup Found” selanjutnya, klik restore. Selanjutnya tunggu hingga proses restore selesai, dan jika sudah. Anda akan di arahkan untuk mengisi nama dan photo profil, setelah itu anda akan diarahkan ke halaman utama atau aplikasi Whatsapp. Dan kini dengan otomatis, data seperti chat, gambar, audio dan video dapat termuat atau kembali seperti data Whatsapp seperti semula.

Cara Mengembalikan Chat Wa yang Terhapus Lama ( Belum Backup data Whatsapp )

Jika anda lupa tidak membackup data Whatsapp tersebut, maka data seperti chattingan pada Whatsapp anda akan hilang. Oleh karena itu, jika lupa tidak membackup aplikasi Whatsapp tersebut bisa menggunakan cara ini.

  • Buka file manager pada smartphone anda, selanjutnya cari dimana data Whatsapp anda tersimpan. Biasanya tersimpan di memori internal.
  • Setelah ketemu, silahkan buka folder Whatsapp, pilih folder database dan cari file “msgstore.db.crypt12” rubah menjadi “backup-msgstore.db.scrypt12”
  • Kemudian pilihlah tanggal kira-kira data yang diambil tersebut sudah berada di hp anda. Misal, pengguna mengambil tanggal kemaren. Selanjutnya rubah nama pada tanggal yang dipilih tersebut menjadi “msgstore.db.crypt12.
  • Jika anda sudah login di aplikasi Whatsapp, anda harus hapus data terlebih dahulu. Caranya, pergi ke pengaturan telepon/smartphone, klik aplikasi, cari ikon aplikasi Whatsapp, kemudian pilih hapus data. Selanjutnya login kembali menggunakan nomer tersebut dan verifikasi sms yang masuk, dan input kode verifikasi ke aplikasi Whatsapp tersebut. Selanjutnya akan ada notifikasi hasil backupan tersebut,anda bisa pilih restore atau pulihkan cadangan. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai proses selesai. Dan setelah itu semua berkas chat akan di pulihkan. Dan selesai…

Cara yang nomer 4 ini saya masih belum banyak yang memakai, belum tau work atau tidaknya. Nah itulah Cara Backup Whatsapp (Cara Backup Whatsapp Dengan Google Drive, cara melihat backup whatsapp di google drive, cara backup whatsapp ke hp lain, cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama).  Semoga bermanfaat.