Cara Mengetahui Kartu BPJS Kesehatan Sudah AKtif Atau Belum

Posted on

Cara Mengetahui Kartu BPJS Kesehatan Sudah AKtif Atau Belum – Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan BPJS, yaitu sebuah katu layanan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah pada Tahun 2014 lalu yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat dari golongan menengah kebawah yang notabennya berekonomi rendah. BPJS ini akan sangat berguna bila digunakan sebagai jaminan kesehatan dikala kita mengalami kesulitan pendaan pada rumah sakit dan dan layanan tempat kesehatan lainya.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Mengacu pada UU No. 24 Tahun 2011, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan di resmikan oleh pemerintah untuk melayani masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah, dengan kartu BPJS Kesehatan ini biaya rumah sakit akan lebih terjangkau, karena sudah mendapat jaminan talangan pendanaan resmi dari pemerintah untuk rakyatnya. BPJS sendiri dulu lebih dikenal dengan sebutan Asuransi Kesehatan atau askes, yang kini telah berubah menjadi BPJS pada 1 Januari 2014 lalu.

Cara Mengetahui Kartu BPJS Kesehatan Sudah AKtif Atau Belum

Siapa saja yang dapat menggunakan BPJS Kesehatan

Bagi Anda penduduk asli Indonesia wajib menggunakan layanan BPJS ini sebagai layanan kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah, tak hanya warga Negara Indonesia saja yang dapat menikmati kemudahan layanan BPJS kesehatan ini, melainkan WNA atau warga Negara Asing pun dapat menggunakanya, dengan catatan Ia telah bekerja di Indonesia selama kurang lebih 6 bulanan.

Macam- macam keanggotaan pengguna BPJS Kesehatan

Anggota BPJS Kesehatan terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :

  1. PBI jaminan kesehatan

Ynag pertama yakni Penerima Bantuan Iuran atau PBI, yang berarti peserta Jaminan Kesehatan yang diperuntukan bagi setiap fakir miskin dan orang tidak mampu yang diamanatkan oleh UU SJSN dengan iuran kesehatan yang telah dibayari pemerintah sebagai peserta PJK atau program Jaminan Kesehatan.

  1. Bukan PBI jaminan kesehatan

Dibawah ini adalah jajaran siapa saja golongan yang termasuk kedalam bukan PBI

Anggota bukan PBI jaminan kesehatan terdiri atas :

  • Pekerja penerima upah dan anggota keluarganya
  • Pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya

Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?

Cara mendaftar anggota BPJS umum

  1. Datang ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di kota masing-masing
  2. Mengisi formulir dan membawa salah satu kartu berikut ini KTP, SIM, Kartu Keluarga, atau Paspor
  3. Jika sudah mengisi formulir, Anda akan memperoleh Virtual Account yang nantinya dapat digunakan sebagai nomor transaksi sebagai alat pembayaran premi
  4. Untuk Anda yang bukan Anggota Non BPI, anda diharuskan membayar iuran terlebih dahulu di awal
  5. Bagi anggota BPI, setelah mendapat virtual account maka Anda saat itu juga telah resmi menjadi anggota BPJS kesehatan yang di sediakan pemerintah
  6. Jika semua telah diselesaikan maka selanjutnya Anda akan mendapatkan kartu fisik anggota BPJS Kesehatan yng mirip dengan kartu debit ATM

Cara cek keanggotaan BPJS sudah aktif atau belum

Bagi Anda yang kini telah memiliki kartu BPJS kesehatan, Anda bisa cek keanggotaan Anda apakah sudah aktif atau belum pada situs berikut ini www.bpjs-kesehatan.go.id, di situs tersebut Anda akan memperoleh informasi valid seputar keanggotaan Anda pada BPJS Kesehatan, jika masih belum paham silahkan ikuti langkah yang telah kami rangkum dibawah ini :

  1. Kunjungi website berikut ini www.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Kemudian klik menu “Layanan Peserta” dan pilih menu “Pendaftaran Peserta”
  3. Lalu ketik NOKA atau nomor kartu anggota atau bisa juga masukan Nomor Induk Pegawai (NIP)
  4. Jika BPJS kesehatan Anda telah aktif, maka akan muncul data seperti nomor kartu peserta BPJS, status, dan lain sebagainya
  5. Anda juga bisa mengecek keanggotaan BPJS kesehatan Anda dengan cara mengirim pesan singkat atau SMS, caranya yakni ketik SMS “NOKA” spasi nomor kartu lalu kirim ke 08113699977, lebih rincinya silahkan lihat dibawah ini.

NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh : NOKA  0001260979209

Kirim ke : 087775500400

Atau dengan cara dibawah ini

 NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai ( NIP )

Contoh : NIP 1962061119880001009

Kirim ke : 087775500400

Atau dengan cara dibawah ini

 NIK<spasi>Nomor induk kependudukan ( NIK KTP )

Contoh : NIK 357303030987

Kirim ke : 087775500400

Sangat mudah bukan ? Pastikan nomor tujuan yang Anda masukan benar sesuai nomor yang tertera diatas, dan silahkan manfaatkan layanan kesehatan yang tekah disediakan oleh pemerintah ini sebaik mungkin. Jika Anda masih belum paham juga dengan langkah yang telah kami paparkan diatas, silahkan untuk lebih jelasnya datang saja lansgung pada kantor BPJS Kesehatan terdekat yang berada di kota atau provinsi masing-masing.

Perlu Anda ketahui pula jika suatu saat nanti Anda menemukan status keanggotaan BPJS Kesehatan tersebut berubah menjadi tidak aktif, maka itu artinya terdapat kesalahan dari si pengguna kartu BPJS tersebut, pahami betul kesalahan pengguna layanan BPJS tersebut sehingga menjadikan keanggotaanya non aktif.

Penyebab status keanggotaan BPJS Non-Aktif

Terdapat banyak hal yang dapat menjadikan keanggotaan BPJS Kesehatan kita berubah menjadi tidak aktif, seperti contohnya tiga point dibawah ini yang sering di sepelekan oleh pengguna layanan BPJS Kesehatan.

  1. Peserta Menunggak bayar iuran BPJS Kesehatan

Baru baru ini pemerintah Dinas Kesehatan mengeluarkan rule baru terkait dengan keanggotaan layanan BPJS Kesehatan ini, Peraturan tersebut menyebutkan jika 1 bulan saja peserta BPJS menunggak maka kartu dari layanan kesehatannya akan langsung dinonaktifkan atau diblokir, jika sudah di bolkir maka kartu BPJS tersebut tak dapat lagi kita bisa gunakan untuk berobat ke Rumah sakit dimanapun. Oleh karena itu patuhilah selalu pembayaran yang diwajibkan terkait dengan kartu BPJS yang Anda gunakan, karena jika tidak maka konsekuensinya akan terblokir secara otomatis oleh sistem.

  1. Peserta dalam proses tunggu untuk pembayaran iuran pertama

Bagi Anda peserta yang baru saja mendaftar layanan BPJS Kesehatan, setelah mendaftar peserta biasanya akan memperoleh nomor virtual account yang nantinya digunakan sebagai no rekening pembayaran iuran, pada pembayaran iuran pertama kali baru bisa dilakukan setelah 14 hari terhitung sejak memperoleh nomor virtual account, dan sebelum iuran pertama dibayar maka status keanggotaan akan masuk dalam ke adaan non-aktif

  1. Terdapat anggota keluarga di KK menunggak iuran BPJS

Di Tahun 2018 ini peraturan BPJS Kesehatan menyatakan bahwa seluruh anggota keluarga yang tertera di KK atau kartu keluarga, wajib ikut didaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan, jika terdapat salah satu anggota keluarga yang menunggak iuran BPJS Kesehatan, maka keanggotaan akan menjadi non aktif. Hal ini berlaku bagi seluruh anggota keluarga yang terdapat di KK.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai seluk beluk terkait dengan layanan BPJS Kesehatan ini, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *