Cara Mengatasi Sim Card Tidak Ada Layanan

Posted on

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Ada Layanan-Pernah mengalami masalah seperti jaringan sim card tiba-tiba hilang di ponsel Anda? Padahal mungkin kartu sim telah terpasang dengan benar. Kondisi seperti ini tentunya akan sangat mengganggu terutama saat koneksi internet benar-benar dibutuhkan. Apalagi jika Anda ingin membuat panggilan penting untuk urusan bisnis ataupun menghubungi keluarga, tentunya masalah ini harus cepat diselesaikan. Lalu bagaimanakah cara mengatasi sim card tidak ada layanan? tehnik yang akan kami berikan ini bisa berlaku untuk operator apa saja baik itu gsm seperti telkomsel, indosat, xl dan juga 3 tri atau cdma seperti smartfren.

Penyebab kartu sim tidak ada layanan biasanya disebabkan kebiasaan sering menggantinya, sehingga kartu sim yang keluar masuk membuat konektor bermasalah. Kemudian hal ini menyebabkannya sulit membaca kartu sim. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

cara mengatasi sim tidak ada sinyal

Beberapa Cara Mengatasi Sim card Tidak Ada Layanan

  1. Merestart HP

Dengan memulai ulang hp, beberapa masalah pada sistem ataupun perangkat lunak hp Anda akan dikembalikan ke keadaan normal. Sehingga kartu sim yang tidak terbaca akan normal kembali saat Anda menghidupkan ulang ponsel Anda. Untuk melakukannya cukup mematikan dan menghidupkan ponsel Anda, biasanya menu restart sudah tersedia pada setiap smartphone dengan menekan tombol power. Kemudian secara otomatis smartphone akan melakukan pencarian sinyal saat dihidupkan.

  1. Masuk Ke Mode Pesawat

Bagi Anda yang menginginkan cara praktis bisa mencoba trik yang satu ini. Karena dengan memasuki mode pesawat Anda tidak perlu mematikan ponsel Anda dan cara ini terbukti berhasil. Hampir sama dengan merestart hp, saat Anda memasuki mode pesawat jaringan akan dimatikan oleh sistem secara total. Setelah Anda mematikan mode ini sistem Anda akan melakukan pencarian ulang terhadap sinyal jaringan dan hasilnya dalam beberapa detik jaringan Anda akan kembali normal. Cara ini juga bisa Anda gunakan saat internet 4g Anda tiba-tiba berubah menjadi H atau H+ sehingga saat dikembalikan ke mode normal jaringan 4g akan kembali dengan sendirinya.

  1. Periksa Settingan APN

Setting APN bisa Anda temukan saat memasuki menu pengaturan smartphone. Setelah memasuki pengaturan masuklah ke bagian mobile network, disana Anda akan menemukan settingan untuk APN. Setiap operator memiliki Acces point yang tersambung ke jaringan mereka, setelah masuk APN pilih reset to default untuk mengembalikan settingan normalnya.

  1. Menelpon Customer Service Operator

Cobalah mengganti kartu sim pada slot yang mengalami gangguan. Jika Anda sudah menggantinya dengan kartu lain dan ternyata kartu sim tersbut bekerja dengan normal berarti jaringan operator sebelumnya memang sedang bermasalah. Provider yang tidak memiliki sinyal yang kuat biasanya memang kerap mengalami gangguan jaringan. Anda bisa menghubungi customer service agar mengetahui masalah yang terjadi pada kartu Anda, agar perbaikan segera dilakukan.

  1. Memeriksa SIM Card

Sebelum memeriksa sim card secara langsung tentunya Anda harus mematikan perangkat Anda. Setelah itu periksalah posisi kartu, mungkin Anda memasangnya secara terbalik sehingga tidak dapat terbaca, jika memang posisinya tidak tepat maka benarkan posisinya.

Jika posisi kartu ternyata sudah benar, sebaiknya lepaskan untuk mengeceknya apakah terdapat lecet pada intinya atau masalah tersebut ada pada slot yang bertugas untuk membacanya. Apabila terdapat debu atau kotoran yang menghalangi konektor, maka bersihkan secara perlahan dan jangan sampai merusak kuningannya. Jika smartphone Anda adalah tipe baru yang menggunakan nano sim biasanya agak susah, karena kartu sim dimasukkan dari samping dan tidak ada celah untuk memeriksa konektor tersebut. Jika Anda sudah mencoba mengganti kartu sim dan tetap tidak terbaca mungkin bagian ini mengalami kerusakan sehingga harus diperbaki oleh teknisi.

  1. Periksa Nomor IMEI Android

Bagi Anda yang hobi mengotak-atik sistem android, jika caranya tidak benar secara tidak sengaja hal ini dapat menyebabkan crash atau error pada smartphone. Hal ini bisa jadi salah satu faktor kenapa jaringan pada HP Anda tidak terdeteksi. Karena kondisi ini pula kemungkinan nomor IME pada Android bisa hilang tanpa disadari.

Cara untuk mengecek nomor IMEI masih ada atau tidak yaitu dengan memasukkan *#06# pada menu panggilan, dan nomor IMEI akan muncul secara otomatis. Jika hasilnya nomor IMEI masih ada dan menunjukkan kombinasi angka yang sama dengan kardus pembelian smatphone berarti kondisinya masih normal. Tetapi jika menunjukkan angka yang tidak sama atau tidak bisa menunjukkan nomor sama sekali maka Anda sebaiknya menghubungi service center.

  1. Membersihkan Cahce dan Junk File

File sampah ataupun cache yang menumpuk mungkin bisa menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh. Sehingga hal ini menyebabkan kinerja ponsel menjadi lemot dan tidak bisa membaca kartu sim Anda dengan benar. Cara mengatasi sim card tidak ada layanan ini yaitu cukup dengan melakukan pembersihan pada ruang penyimpanan Anda. Masuklah ke menuĀ  pengaturan smatphone Anda, kemudian ke pengaturan penyimpanan di sana akan terdapat pilihan untuk membersihkan memori Anda dari cache ataupun junk. Untuk lebih mudahnya Anda juga bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang banyak tersedia di playstore.

  1. Mengembalikannya Ke Pengaturan Awal

Jika semua cara sudah dicoba dan belum berhasil, Anda bisa mencoba cara ini sebagai jalan terakhir, Yaitu meresetnya ke setting pabrikan. Namun, sebelum melakukannya pastikan data penting Anda sudah diselamatkan terlebih dulu. Dalam mengembalikannya ke settingan awal pastkan Anda melakukannya sesuai prosedur yang benar agar tidak ada kegagalan saat sistem operasi disetel ulang.

  1. Melakukan Flashing

Flashing ini sama halnya dengan menginstal ulang perangkat lunak atau firmware pada smatphone. Hal ini bertujuan untuk mengganti firmware yang mungkin mengalami error, sehingga driver tidak bisa menjalankan hardware seperti pembaca sim dengan benar. Biasanya kondisi ini disebabkan kesalahan dalam menginstal Android saat melakukan update ataupun dikarenakan malware, virus dll. Untuk melakukan flashing Anda membutuhkan komputer atau laptop, kemudian kabel data sesuai tipe port, software MTK driver, Firmware sesuai merk Hp Anda, dan software SP Flash tool.

  • Pertama instal dulu MTK driver yang akan digunakan sebagai driver usb untuk smartphone Anda.
  • Kemudian sambungkan smartphone Anda dengan laptop menggunakan USB dalam keadaan mati. Untuk memeriksa driver sudah tersambung dengan smartphone atau belum, Anda bisa menekan-nekan tombol power dan volume kemudian jendela MTK driver akan muncul dengan sendirinya.
  • Setelah tersambung masuklah ke aplikasi sp flash tool pada komputer.
  • Setelah masuk flash tool klik scatter loading file, kemudian masukkan firmware yang sudah Anda download sebelumnya.
  • Disini Anda akan diminta mencari file scatter yang terdapat pada firmware tadi, jika sudah ketemu kemudian klik download
  • Apalbila proses download scatter selesai, maka aplikasi ini akan melakukan proses flashing dengan otomatis.
  • Setelah proses flashing selesai silahkan lepas kabel usb yang menghubungkan ponsel dengan komputer, dan proses flashing pun selesai. Sekarang Anda bisa mencoba menghidupkan smartphone Anda dan semua program sudah bekerja dengan normal.

Begitulah cara mengatasi sim card tidak ada layanan yang bisa Anda coba sendiri. Namun ada kalanya saat Anda tidak bisa mengatasi error pada hp untuk menyerahkannya kepada yang lebih berpengalaman, agar kerusakan bisa diatasi dengan cepat.