Cara Mencari Lacak Posisi HP Android Menggunakan Nomor Imei

Posted on

cara melacak hp dari nomor imei

Kamu bisa saja kehilangan ponsel kesayangan kapan saja dan dimana saja. Terlebih, ponsel memang barang yang rentan hilang baik itu karena lupa simpan ataupun karena dicuri. Untuk itu, penting buat kamu tahu Cara Mencari Lacak Posisi HP Android Menggunakan Nomor Imei. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pelacakan mengenai posisi terkini ponselmu. Bukan hanya itu, pelacakan juga dimaksudkan agar kamu bisa mengontrol ponselmu meskipun dari jarak jauh. Kamu bisa menghapus data-data yang ada pada ponselmu yang hilang agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Cara Mencari Lacak Posisi HP Android Menggunakan Nomor Imei

Setiap perangkat, terutama ponsel memiliki kode uniknya tersendiri. Tidak ada perangkat yang memiliki kode yang sama, dan itulah yang disebut dengan nomor IMEI. Nomor IMEI berisi informasi tentang ponsel, waktu produksi, dsb. Nomor IMEI ini pula yang bisa dimanfaatkan jika ponselmu hilang atau dicuri, dan kamu ingin melacak keberadaannya.

  • Pertama, kamu harus tahu dulu nomor IMEI ponselmu. Cara mudah untuk mengetahui nomor IMEI ialah dengan melakukan panggilan di dial ponselmu *#06#. Maka akan langsung muncul nomor seri IMEI ponselmu.
  • Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI ponselmu ialah dengan mengakses menu diponsel. Buka ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Settings’. Selanjutnya pilih ‘About Phone’ dan klik menu ‘Status’. Maka akan langsung muncul halaman berisi informasi seputar ponsel, termasuk nomor IMEI. Informasi yang muncul diantaranya tentang model ponsel, manufaktur, provider yang digunakan, terakhir digunakan, dan juga kapan perangkat didaftarkan.

Di beberapa negara, Cara Mencari Lacak Posisi HP Android Menggunakan Nomor Imei sudah bisa dilakukan. Hal ini bisa dilakukan tentunya dengan bantuan dan kerjasama dari pihak operator. Kemudian, database akan muncul berisi nomor IMEI yang tersambung dengan nomor SIM yang terpasang diponsel yang hilang. Namun masalahnya, di Indonesia layanan ini masih belum bisa digunakan. Sulit bagi orang awam untuk meminta operator untuk melacak ponsel yang hilang menggunakan nomor IMEI. Yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal ini biasanya pihak yang berwajib yang hendak menangani kasus.

Baca juga :

Lalu bagaimana jika ponsel pintar kamu hilang?

Kamu bisa menggunakan Gmail ataupun nomor ponsel yang terintegrasi dengan ponsel yang kamu pakai. Setiap android ataupun ponsel pintar lainnya kini sudah dilengkapi dengan layanan keamanan yang memungkinkan kamu untuk menemukan ponsel yang hilang, tertinggal atau dicuri. Maka, pastikan untuk mendaftarkan alamat Gmail atau nomor hp ketika kamu membeli ponselmu untuk pertama kali.

Jika ponselmu hilang karena tidak sengaja atau dicuri, kamu bisa melacaknya menggunakan GPS, yang sudah terpasang disetiap ponsel pintar saat ini. Berikut caranya:

  • Masuk ke situs layanan Google Play Protect dan temukan menu Find My Device.
  • Lanjutkan dengan login menggunakan alamat Gmail yang kamu gunakan untuk diintegrasikan pada ponsel saat dulu kamu mengaktifkannya. Atau, kamu juga bisa menggunakan nomor hp jika diawal kamu memang menggunakan nomor hp bukannya alamat email.
  • Setelah Login, tunggu beberapa saat agar Find My Device bisa melacak posisi ponselmu terkini. Selanjutnya akan muncul lokasi ponselmu di Google Maps.

Itulah informasi tentang Cara Mencari Lacak Posisi HP Android Menggunakan Nomor Imei yang bisa kamu coba praktekkan sendiri. Kamu bisa mencoba melacakan sekarang juga untuk menguji apakah menggunakan akun Gmail tersebut memang berhasil untuk melacak ponselmu atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *