Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card HP Xiaomi Tanpa Root

Posted on

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card HP Xiaomi Tanpa Root-Xiaomi telah menjadi brand yang banyak disenangi oleh pengguna HP. Berbagai fitur yang melengkapi HP-nya mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Desain yang baik juga tidak lupa diperhatikan oleh produsen. Dengan memiliki kelebihan yang beragam, Xiaomi dipatok dengan harga yang sangat terjangkau. Apabila Anda menggunakan Xiaomi, pastinya Anda akan menggunakannya untuk berbagai keperluan sehingga Anda memasang aplikasi di HP. Supaya ruang penyimpanan internal tidak penuh, Anda dapat memindahkan aplikasi ke SD card.

Beberapa orang memiliki alasan tersendiri untuk memindahkan aplikasi ke SD card. Memindahkan aplikasi ke SD card akan membuat ruang penyimpanan internal menjadi lebih luang. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan lain seperti penambahan aplikasi atau penyimpanan media. Pemindahan aplikasi ke SD card juga akan memudahkan Anda jika ingin memasang aplikasi dalam jumlah yang lebih banyak.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card HP Xiaomi

3 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card HP Xiaomi Tanpa Root

Anda tidak bisa memindahkan semua aplikasi ke SD card karena beberapa hal. Penyebab utamanya adalah ruang penyimpanan internal lebih stabil dibandingkan dengan SD card sehingga produsen HP tidak mengizinkan aplikasi tersebut mudah untuk dipindahkan. Ruang penyimpanan eksternal seperti SD card biasanya rawan rusak atau mengalami eror sehingga aplikasi tidak bisa dipindahkan dengan semua pemilik HP untuk mencegah aplikasi hilang. Penyebab lainnya adalah aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan HP yang tidak bisa diubah dengan mudah. Pemindahan atau penghapusan aplikasi bawaan HP tidak akan bisa dilakukan.

Setelah mengetahui penyebab aplikasi tidak bisa dipindah ke SD card, Anda bisa memikirkan risiko pemindahan aplikasi terlebih dulu. Jika Anda sudah yakin dan tetap ingin memindahkan aplikasi ke SD card HP Xiaomi tanpa root, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Pemindahan manual

Memindahkan aplikasi secara manual merupakan langkah yang paling aman untuk dilakukan sebab minim risiko. Kelemahannya adalah cara ini tidak bisa diterapkan pada semua aplikasi, khususnya aplikasi bawaan HP. HP Xiaomi sangat protektif terkait permasalahan pemindahan aplikasi ke SD card. Aplikasi yang dapat dipindahkan adalah aplikasi yang Anda unduh dan pasang melalui Google Play Store.

Proses pemindahan aplikasi manual di HP Xiaomi dapat dilakukan melalui menu ‘Pengaturan’. Masuklah terlebih dulu ke menu ‘Pengaturan’. Di halaman menu ‘Pengaturan’ akan muncul berbagai opsi. Selanjutnya, gulirkan layar dan cari opsi ‘Aplikasi’. Pilihlah opsi tersebut. Kemudian, tentukan aplikasi-aplikasi yang Anda kehendaki untuk dipindahkan ke SD card. Cobalah salah satu aplikasi yang ada. Pilih aplikasi tersebut dan klik tombol ‘Pindah ke SD Card’. Tunggulah sampai proses selesai. Jika berhasil, lanjutkan dengan memilih aplikasi lain untuk dipindahkan.

Kekurangan cara manual adalah tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke SD card. Aplikasi bawaan HP Xiaomi seperti Google Chrome, Gmail, dan sebagainya biasanya tidak bisa dipindahkan. Tanda bahwa sebuah aplikasi tidak bisa dipindahkan dapat dilihat dari ada atau tidaknya tombol ‘Pindah ke SD Card’. Jika tidak tersedia, maka HP Xiaomi tidak mengizinkan Anda untuk memindahkan aplikasi tersebut.

  1. Menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke SD card

Pemindahan manual tidak selalu berhasil mengingat proteksi kuat HP Xiaomi terhadap aplikasi bawaannya. Anda dapat memanfaatkan aplikasi pemindah aplikasi ke SD card yang tersedia banyak di Google Play Store. Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah ManageApps, AppMgr III, dan Easy App2SD. Ketiganya memiliki fitur utama untuk memindahkan aplikasi dalam HP Xiaomi ke SD card tanpa memerlukan proses root. Biasanya aplikasi tersebut tidak hanya mampu memindahkan aplikasi tetapi juga memiliki pengaturan terkait aplikasi seperti membersihkan cache, freeze aplikasi, membagikan aplikasi, dan menyembunyikan aplikasi. Anda dapat memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda cari dan melihat review masing-masing aplikasi.

Langkah yang perlu dilakukan adalah mengunduh salah satu aplikasi tersebut. Anda dapat mengunduh aplikasi melalui Google Play Store atau menggunakan mode Apk. Setelah terunduh, tunggulah proses sampai aplikasi terpasang di HP Xiaomi Anda. Bukalah aplikasi tersebut. Selanjutnya, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin dipindah ke SD card. Anda cukup mencentang aplikasi-aplikasi yang diinginkan. Proses pemindahan dapat dilakukan secara bersamaan sehingga waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat.

Penggunaan aplikasi pemindah aplikasi ke SD card ini rupanya masih memiliki kekurangan. Anda tetap tidak bisa secara leluasa untuk memindahkan semua aplikasi dalam HP Xiaomi. Beberapa aplikasi akan memudahkan Anda untuk mengetahui aplikasi mana yang dapat dipindah ke SD card. Dalam aplikasi tersebut Anda dapat melihat tab aplikasi yang tidak bisa dipindahkan bernama ‘Phone Only’. Kekurangan lain dalam menggunakan aplikasi adalah ruang penyimpanan akan semakin berkurang. Apabila Anda hanya memiliki ruang penyimpanan yang kecil, pilihan ini akan sedikit membuat Anda susah.

  1. Menggunakan fitur resmi

Android menyediakan fitur resmi untuk memindahkan aplikasi tanpa root. Fitur tersebut berupa Adoptable Storage yang tersedia di sistem operasi Android. Fitur yang baru dirilis pada 22 Agustus 2016 ini hanya tersedia di Android versi 7.0 atau Nougat ke atas. Anda perlu memeriksa versi Android di HP Xiaomi Anda terlebih dulu. Jika perlu, Anda dapat meng-upgrade agar bisa merasakan fitur Adoptable Storage. Cara ini merupakan cara resmi sehingga Anda dapat mempercayai fitur ini dan tidak perlu khawatir. Anda dapat mulai memindahkan aplikasi dalam HP Xiaomi Anda ke SD card tanpa root.

Mekanisme Adoptable Storage adalah menggabungkan ruang penyimpanan internal dan eksternal. Pada akhirnya, ruang penyimpan eksternal berupa SD card akan menjadi ruang penyimpanan utama dalam HP Xiaomi Anda. Kapasitas penyimpanan akan menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam memindahkan aplikasi ke SD card tanpa root. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan fitur adoptable storage adalah menggunakan SD card minimal kelas UHS-1 karena memiliki ketingkatan tinggi.

Sayangnya, fitur adoptable storage memiliki kekurangan. Sesaat setelah ruang penyimpanan eksternal dan internal tergabung, Anda tidak bisa mengakses ruang penyimpanan eksternal Anda dengan leluasa. SD card tersebut tidak akan bisa dibaca di perangkat lain selain di HP Xiaomi Anda. Setelah terenkripsi, SD card tidak akan bisa dideskripsi lagi pada perangkat lain. Selain itu, data dalam SD card Anda akan ‘terformat’. Data tersebut akan berada dalam ruang penyimpanan internal HP Xiaomi Anda.

Memindahkan aplikasi ke SD card HP Xiaomi tanpa root dapat dilakukan dalam berbagai cara. Masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihan. Anda dapat memilih cara di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum melakukan salah satu cara di atas, Anda dapat mempertimbangkan dengan baik apa kelebihan dan kekurangan masing-masing cara. Hal terpenting yang perlu Anda tahu adalah proses pemindahan aplikasi ke SD card tanpa root tetap sulit untuk dilakukan secara leluasa sehingga proses akan tetap terbatas.