Cara Melihat Password Wifi dengan Laptop

Posted on

Cara Melihat Password Wifi dengan Laptop-Jaringan wifi sudah menjadi barang penting yang dibutuhkan dimana saja dan kapan saja. Saat ini, sudah banyak tempat-tempat umum ataupun rumah pribadi yang menyediakan jaringan wifi. Dengan kecepatan dan kuota yang tak berbatas, lebih banyak orang memanfaatkan wifi untuk mendowload ataupun mengupload data. Jika Anda memasang jaringan wifi di rumah, pastikan selalu mencatat password wifi Anda setiap melakukan perubahan. Namun terkadang ada satu kondisi dimana Anda melupakan password wifi tersebut, atau ada kalanya Anda sudah tersambung dengan satu jaringan wifi namun tidak mengingat password yang sudah Anda masukkan. Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan diulas cara melihat password wifi dengan laptop.

Jaringan wifi yang berada di rumahan biasanya berasal dari jaringan kabel yang terhubung dengan saluran TV kabel yang beroperasi. Jaringan wifi sebagian besar sudah hadir di beberapa fasilitas umum seperti rumah sakit, kantor desa atau kecamatan dan bahkan di kantor polisi. Dengan kemudahan mengakses jaringan wifi, Anda dapat berselancar di dunia maya dimanapun dan kapanpun. Tidak sedikit pula orang-orang memasang jaringan wifi sendiri di rumah mereka. Hal ini dikarenakan jaringan wifi lebih lancar dan stabil ketimbang mengakses internet melalui telepon seluler.

cara melihat password wifi di laptop

Cara Melihat Pasword Wifi Dengan Laptop yang Sudah Terkoneksi

Memiliki laptop atau gadget yang sudah terkoneksi pada salah satu jaringan wifi menjadi satu keuntungan tersendiri karena biasanya akan tersambung otomatis jika kita kembali ke tempat tersebut. bahkan jika Anda terkoneksi dengan beberapa jaringan wifi, laptop tetap menyimpan secara otomatis jaringan wifi yang pernah Anda pakai. Akan tetapi akan menjadi kesulitan jika kita tidak mengingat passwordnya ketika salah satu teman ada yang hendak turut mengakses wifi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat password wifi pada laptop yang sudah terkoneksi jaringan wifi.

Jika Anda memiliki jaringan wifi di rumah, untuk menghindari terjadinya pemakaian wifi oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, Anda sebaiknya mengganti password wifi secara berkala. Namun, sering kali Anda mungkin melupakan password yang telah Anda buat karena seringnya berganti password atau untuk Anda yang lupa karena jarang mengganti password dan terkoneksi secara otomatis, Anda tidak perlu takut tidak bisa mengetahui password wifi Anda. Untuk Laptop ataupun Private Computer (PC) yang sudah terhubung dengan jaringan wifi, ada langkah yang bisa dilakukan untuk melihat password wifi tersebut.  Ada beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan untuk bisa melihat passwordnya, yakni

Cara melihat password wifi melalui Control Panel

Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut untuk dapat melihat password wifi yang terkoneksi pada laptop Anda.

  • Langkah pertama yaitu Anda dapat membuka control panel melalui tombol start yang dapat Anda temukan di pojok kiri bawah
  • Pada menu control panel, Anda akan menemukan beberapa pilihan seperti System and Security, Network and Internet, Hardware and Sound, Programs, User Accounts and Family Safety, Appearance and Personalization, Clock Languange and Region, Ease of Access.
  • Pilihlah menu Network and Internet
  • Dalam menu ini Anda akan melihat lagi beberapa pilihan menu yaitu Network and Sharing Center, HomeGroup dan Internet Options
  • Kemudian Anda harus memilih pada menu Network and Sharing Center
  • Pilihlah menu Manage Wireless Networks dari beberapa pilihan menu lainnya yang tersedia disana
  • Kemudian Anda akan melihat beberapa jaringan wifi yang sudah pernah terkoneksi pada laptop Anda sebelumnya. Disini Anda akan menemukan beberapa jaringan wifi yang sudah pernah terhubung atau terkoneksi, karena pada dasarnya, laptop akan menyimpan otomatis jaringan-jaringan yang pernah mereka masuki.
  • Double klik pada jaringan wifi yang hendak Anda lihat passwordnya dengan syarat Anda harus terhubung pada jaringan wifi tersebut.
  • Maka akan muncul tab mengenai informasi jaringan wifi yang Anda pilih
  • Pasword wifi terletak pada tab Security. Anda akan dapat melihat kolom Network Security Key. Awalnya password tidak akan terlihat secara langsung karena tersembunyi dibalik button, Anda dapat mencentang pada kotak Show Characters untuk membuatnya terlihat.

Cara melihat password wifi melalui Button Ikon Jaringan Network

Cara melihat password wifi yang kedua ini terbilang mudah apabila Anda terbiasa menggunakan laptop. Untuk sebagian banyak orang, menggunakan laptop sudah bukan hal yang sulit lagi. Silahkan ikuti petunjuk cara dibawah ini untuk bisa melihat password wifi.

  • Apakah Anda mengetahui ikon jaringan yang nampak pada desktop layar laptop Anda? Letaknya biasanya berada di pojok kanan bawah berdekatan dengan ikon tanggal dan jam.
  • Jika Anda sudah menemukannya, lakukan klik kanan pada ikon jaringan tersebut.
  • Anda akan menemukan dua pilihan, yakni Troubleshoot Problems dan Open Network and Sharing Center
  • Pilihlah menu Open Network and Sharing Center
  • Setelah itu Anda akan masuk pada layar windows yang di dalamnya Anda dapat melihat dengan jaringan wifi mana Anda terhubung.
  • Anda akan melihat beberapa menu di samping kanan jaringan wifi Anda, yaitu menu Access Type, HomeGroup dan Connections
  • Di sebelah kanan menu Connections, Anda akan melihat nama jaringan wifi dimana Anda terkoneksi, lalu lakukan double klik pada tulisan nama jaringan wifinya
  • Maka akan muncul tab yang berisi status jaringan wifi. Tab ini berisi informasi tentang jaringan wifi yang terhubung pada laptop Anda
  • Tepat di tengah-tengah tab tersebut, Anda akan melihat tombol Wireless Properties
  • Jika Anda masuk pada menu Wireless Properties tersebut, Anda akan menemukan dua tab lagi yaitu Connection dan Security.
  • Anda dapat masuk ke tab security. Password tersimpan pada kolom Network Security Keys. Anda dapat melihat setiap detail hurufnya dengan cara mencentang kotak Show Characters

Memang ada banyak cara untuk bisa menggunakan internet, yaitu melalui jaringan Dial-up, jaringan DSL, jaringan kabel, jaringan nirkabel atau wifi, jaringan satelit dan yang terakhir adalah jaringan seluler. Memiliki jaringan wifi di rumah akan membuat akses internet Anda lebih mudah. Dengan tingkat kecepatan yang bervariasi, kisaran antara 5 Mbps hingga 20 Mbps, Anda dapat menyesuaikan tingkat kecepatannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jaringan wifi yang berada di rumah, dapat Anda batasi penggunaannya oleh orang lain melalui password.

Beberapa cara yang disebutkan diatas dapat Anda lakukan ketika Anda sudah pernah terhubung atau terkoneksi pada jaringan wifi. Pada laptop Anda, Anda akan dapat melihat beberapa jaringan wifi yang sudah pernah Anda pakai. Untuk dapat melakukan beberapa cara melihat password wifi diatas, Anda harus dalam kondisi terhubung dengan jaringan wifi. Jika Anda sedang tidak terhubung, maka Anda tidak dapat menggunakan cara di atas. Selamat mencoba.