Cara Melacak Smartphone Semua Merek Berdasarkan Nomor IMEI

Posted on

cara melacak android dari nomor imei

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ia biasanya terdiri dari 15-16 digit. Setiap perangkat ponsel memiliki nomor IMEI berbeda. Nomor ini digunakan operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada nomor kartu SIM mereka. Kini muncul pertanyaan adakah Cara Melacak Smartphone Semua Merk Berdasarkan Nomor IMEI.

Melacak ponsel menggunakan nomor IMEI sebenarnya bisa saja dilakukan jika kamu mendatangi langsung gerai operator seluler dengan menyertakan kartu identitas, nomor IMEI ponsel yang hilang, beserta nomor ponsel dari kartu SIM yang digunakan pada ponsel yang hilang. Namun kebanyakan saat ini pelacakan mengandalkan GPS dan setiap merk smartphone sudah menyediakan layanan baik berupa fitur atau aplikasi yang memungkinkan penggunanya melacak posisi ponsel jika hilang, tertinggal atau dicuri. Berikut cara melacak ponsel pintar sesuai merknya:

Cara Melacak Smartphone Android Samsung, Oppo, Xiaomi dan Asus

Untuk melacak ponsel dengan sistem operasi android, maka bisa mengandalkan akun Gmail. Sebelumnya, untuk berjaga-jaga jika ponsel hilang, pastikan untuk mengatur settingan ponsel terlebih dahulu. Buka menu Setting-Security-Device Administrators. Kemudian centang Android Device Manager. Lalu buka juga Settings dan centang Location agar aktif. Selanjutnya, centang juga Let Google app access your location and GPS Satellite. Jadi, jika ponsel androidmu hilang, kamu tinggal akses situs google play protect dan login ke find my device. Kamu harus login menggunakan akun Gmail yang kamu pakai di ponselmu yang hilang, dan juga masukkan password. Selanjutnya, akan langsung dilakukan pelacakan lokasi terkini ponselmu yang hilang ditampilan peta. Find My Device juga bisa kamu unduh dalam bentuk aplikasi di Play Store. Cara penggunannya sama saja.

Baca juga :

Melacak Smartphone iPhone yang berbasis iOS atau juga iPad

Cara Melacak Smartphone Semua Merek Berdasarkan Nomor IMEI – Untuk melacak ponsel atau perangkat lainnya yang menggunakan sistem operasi iOS, maka kamu bisa melakukan pengaturan, untuk berjaga-jaga jika ponsel hilang. Masuk ke Setting lalu pilih iCloud. Masukkan apple ID kamu. Apple ID biasanya kamu buat dan dapatkan saat pertama kali menggunakan iPhone. Penting untuk kamu memiliki apple ID karena setiap kali kamu merest ponsel, maka kamu akan diminta untuk memasukkan apple ID. Aktikan Find My iPhone pada menu di ponsel kamu dengan menggeser ke posisi ON. Dengan begitu, ponsel kamu akan selalu terlacak selama 24 jam dan kamu bisa melacak posisinya di browser iCloud jika ponselmu hilang, dicuri, ataupun tertinggal.

Melacak Smartphone dengan sistem operasi Blackberry

Untuk bisa melacak ponsel Blackberry, kamu bisa mengandalkan aplikasi Blackberry Protect. Biasanya aplikasi ini sudah terinstal secara otomatis. Namun jika belum, kamu bisa mengunduhnya di appworld. Atur settingan pada Blackberry Protect dengan menggunakan Blackberry ID. Jika ponsel Blackberry kamu hilang, kamu bisa segera melacaknya di situs Protect Blackberry. Kamu akan diharuskan login menggunakan Blackberry ID sebelum bisa melakukan pelacakan terhadap ponselmu. Blackberry ID adalah dalam bentuk email dan password. Jadi, jangan sampai lupa agar bisa memudahkan pelacakan.

Cara Melacak Smartphone Semua Merek Berdasarkan Nomor IMEI pada dasarnya sama. Kamu bisa mendatangi gerai operator seluler yang kamu gunakan pada ponsel kamu dan memberikan informasi seperti nomor IMEI ponsel, kartu pengenal, dan nomor ponsel. Jika tidak, kamu bisa menggunakan beberapa cara diatas untuk melacak keberadaan ponselmu baik karena hilang, tertinggal disuatu tempat ataupun dicuri.

2 thoughts on “Cara Melacak Smartphone Semua Merek Berdasarkan Nomor IMEI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *