Cara Melacak Kiriman JNE Sudah Sampai atau Belum

Posted on

Jasa pengiriman paket saat ini sangat dibutuhkan, hal ini di tengarai karena menjamurnya online shop sehingga membuat jasa pengiriman paket juga laris manis diburu para penjual online. Beberapa jasa pengiriman paket di Indonesia yang umum digunakan, seperti POS, JNE, TIKI, J&T, dan Wahana. Salah satu yang banyak dipakai di Indonesia adalah jasa pengiriman JNE. Pengiriman menggunakan JNE sendiri ada JNE Yes, Oke, dan Reguler. Bagi Anda pengguna jasa pengiriman JNE kali ini kami akan share tentang cara melacak kiriman JNE  sudah sampai atau belum.

Bagi yang pertama kali menggunakan kurir yang satu ini mungkin pernah merasa kebingungan terkait paket yang ada, maklum saja ada beberapa jenis layanan yang ada, selain itu ada juga beberapa istilah yang mungkin terasa asing didengar telinga seperti Reg15, Yes15 maupun Oke 15.

lacak kiriman JNE

Apa Itu Reg 15, Yes 15 dan Oke 15?

Sebelum mengulas mengenai cara melacak kiriman JNE Reguler, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis layanan pengiriman dari JNE, jadi reg15, yes15 maupun oke15 merupakan salah satu layanan yang ada pada JNE, nomor yang tertera pada belakang paket pengiriman tersebut bukanlah jumlah lamanya hari pengiriman namun hanyalah nama paket saja, untuk lebih jelasnya mengenai paket yang ada di JNE bisa anda simak seperti berikut ini:

  1. JNE YES (Yakin Esok Sampai)

JNE YES (Yakin Esok Sampai) disebut sebagai layanan premiumnya JNE. Sesuai dengan namanya, target kiriman akan sampai keesokan harinya di tujuan, meski hari Minggu maupun libur nasional. Jika barang tidak diterima keesokan harinya hingga lewat 23:59, maka uang kembali.

Namun JNE YES ini tidak dapat berlaku di semua tempat, dan hanya di kota tertentu. Karena merupakan layanan premium, maka tentu biayanya juga lebih mahal.

  1. JNE REG (Reguler)

JNE Regular merupakan layanan JNE yang paling banyak digunakan karena menjangkau hampir ke seluruh daerah. Layanan Reguler ini memang tersedia dalam rangka memenuhi gaya hidup masyarakat yang dinamis, efektif, dan efisien.

Namun JNE Regular hanya melayani pengiriman pada hari kerja dan tidak memberi jaminan uang kembali andai barang tidak sampai.

  1. JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

Untuk barang yang berukuran besar dan berat, dapat dikirim menggunakan JNE OKE. Sesuai dengan namanya, biaya pengiriman ekonomis dan memanfaatkan kargo udara maupun darat yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia.

Seperti JNE REG, JNE OKE juga hanya melayani pengiriman pada hari kerja dan tidak memberikan jaminan uang kembali jika barang tidak sampai. Saat Anda tengah menunggu barang tentunya pernah ada rasa ingin tahu mengenai posisi barang tersebut, untuk itu begini cara melacaknya.

Cara Melacak Kiriman JNE Sudah Sampai Dimana

  • Buka situs resmi JNE, yaitu http://www.jne.co.id.
  • Pada halaman yang terbuka, lihat bagian tengah, tepatnya pada kotak TRACE & TRACKING
  • Isi kotak tersebut dengan nomor resi JNE yang biasanya terdiri dari minimal 13 digit. Nomor resi tidak semuanya angka, seringkali terdiri dari angka dengan campuran huruf.
  • Klik TRACKING dan tunggu.
  • Setelah itu detail dari pengiriman barang akan muncul di halaman tersebut.
  • Fokus pada bagian outbond untuk mengetahui telah sampai mana barang Anda.

Penjelasan berbagai status yang ada dalam tracking barang adalah sebagai berikut.

  • Manifest, artinya barang sudah siap dikirim dari kantor JNE asal pengirim.
  • On-Process, artinya barang yang dikirim tengah dalam proses pengiriman ke tujuan.
  • On-Transit, artinya barang tengah singgah di kota lain dalam perjalanannya menuju kota tujuan.
  • Received On Destination, artinya barang sampai di kantor JNE tujuan dan akan dikirimkan ke alamat penerima.
  • Delivered, artinya barang sampai di tangan penerima dengan pencatatan nama penerima barang.
  • Criss Cross, artinya barang tertukar. Jika terjadi seperti ini, segera hubungi pihak JNE.
  • Cnee Unknown, artinya nama dari penerima barang tidak dikenali oleh penerima yang sebenarnya ketika barang diantarkan ke alamat tujuan. Jika terjadi seperti ini dan barang belum di tangan, segera hubungi pihak JNE.
  • AU to OPS, artinya barang yang tidak sampai ke penerima diserahkan ke pihak JNE untuk kemudian dilakukan pengiriman kembali.
  • Redelivery/RD atau AU (Antar Ulang), artinya dilakukan pengiriman ulang pada barang sebab tidak sampai diantar di hari sebelumnya.
  • BA (Bad Address), artinya alamat tujuan tidak jelas/lengkap. Ketidakjelasan itu, seperti kurang keterangan kelurahan, RT/RW, nomor rumah, nomor gang, atau yang lain. Segera hubungi pihak JNE, dan perjelas alamat tujuan agar barang segera sampai.
  • R (misroute), artinya salah kirim, salah alamat, dan sejenisnya. Segera hubungi pihak JNE, dan beri tahu secara detail alamat tujuan supaya tidak salah lagi.
  • Closed Once Delivery Attempt, artinnya barang telah diantar namun penerima tidak berada di tempat. Jika terjadi seperti ini, hubungi pihak JNE dan ambil barang ke kantor JNE tempat barang itu sampai.
  • TH (Not At Home), artinya sama dengan Closed Once Delivery Attempt, yakni penerima sedang tidak di rumah. Jika telah gagal sebanyak 3 kali, hubungi pihak JNE untuk menanyakan perihal barang tersebut dan ambil langsung di kantornya.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara melacak kiriman JNE ? Agar tidak terjadi masalah dalam pengiriman, usahakan melengkapi data selengkapnya dan sejelas-jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *