Aplikasi Pelacak HP Menggunakan Nomor IMEI ?

Posted on

aplikasi pelacak nomor hp menggunakan imei

Untuk saat ini, tidak ada Aplikasi Pelacak HP Menggunakan Nomor IMEI. Melacak hp bisa dilakukan karena berbagai alasan misalnya karena hp hilang sehingga diharapkan jika lokasinya terlacak maka hp masih bisa kembali. Namun ada juga yang menyalahgunakan layanan pelacakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, sampai saat ini belum ada peraturan khusus mengenai pelacakan ponsel.

Nomor IMEI sendiri merupakan serangkaian angka sebagai kode yang membedakan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Nomor IMEI adalah unik sehingga meskipun ponsel memiliki seri dan warna sama namun tidak akan memiliki nomor IMEI yang sama. Nomor IMEI berisi informasi tentang kode seri ponsel, tanggal produksi, dan informasi lainnya seputar ponsel. Untuk mengetahui nomor IMEI, kamu bisa buka pengaturan di ponsel android kamu dan cari about phone atau tentang ponsel. Disana kamu akan menemukan nomor IMEI dan informasi lainnya tentang ponselmu.

Kembali ke pelacakan hp menggunakan nomor IMEI, hal tersebut bisa saja dilakukan sebenarnya. Namun ini harus melibatkan pihak operator karena IMEI dari ponsel yang dilacak hanya bisa diketahui jika ia tersambung dengan kartu SIM operator seluler. Jika tidak, maka ia akan sulit dilacak. Ini karena nomor kartu SIM lah yang menyambungkan dan mencari sinyal GPS, yang berguna untuk melacak lokasi keberadaan ponsel 24 jam. Jadi, tidak bisa serta merta melacak ponsel menggunakan nomor IMEI saja, terlebih jika ia tidak terintegrasi dengan nomor kartu SIM operator seluler.

Baca juga :

Di beberapa negara didunia sendiri, sudah ada layanan untuk menemukan ponsel dengan menggunakan nomor IMEI. Namun ini membutuhkan kerjasama operator. Dan sayangnya, di Indonesia belum terdapat layanan ini terlebih untuk orang awam. Hal tersebut karena melakukan pelacakan seperti itu bisa dikatakan melanggar privasi. Jadi kalaupun ia bisa diakses, hanya pihak berwenangnya saja yang memiliki hak. Itupun dilakukan untuk tujuan yang jelas.

Jika tidak ada Aplikasi Pelacak HP Menggunakan Nomor IMEI, lalu bagaimana jika ponsel hilang dan ingin dilacak?

  • Ponsel yang hilang bisa dicari dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti misalnya Find My Device dari Google yang bisa kamu download langsung di Play Store. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa unduh aplikasinya sekarang juga dan isi semua informasi yang diminta. Jadi, jika suatu hari ponselmu hilang, tertinggal, ataupun dicuri, kamu bisa berusaha untuk melacaknya dan mendapatkan ponselmu kembali.
  • Kamu juga bisa mencoba melacak ponselmu yang hilang tanpa menggunakan aplikasi. Caranya, masuk ke situs Google dan cari Google Play Protect, kemudian, cari menu find my device. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk login menggunakan akun Gmail beserta password yang kamu gunakan untuk mendaftarkan ponselmu dulu. Maka ponselmu akan segera terlacak keberadaan posisinya.
  • Jika ponselmu bukan android melainkan iphone, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Find My iPhone. Pastikan untuk kamu selalu mengaktifkan fitur ini pada ponselmu agar ponsel bisa selalu terlacak selama 24 jam dengan bantuan GPS tentunya. Jadi, jika ponsel iPhone mu hilang, kamu akan bisa melacaknya selama ponselmu hidup.

Jadi, bisa dikatakan jika tidak ada aplikasi yang benar-benar bisa melacak keberadaan atau lokasi ponsel menggunakan IMEI. Kalaupun ada informasi yang di internet yang menyatakan hal sebaliknya, maka hal tersebut belum bisa dipercayai kebenarannya. Demikian informasi seputar Aplikasi Pelacak HP Menggunakan Nomor IMEI. Semoga bermanfaat!

One thought on “Aplikasi Pelacak HP Menggunakan Nomor IMEI ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *